Kabupaten Deli Serdang Menuju Wilayah Metro

DENGAN dibangunnya Bandara Internasional Kuala Namu ( Kuala Namu International Airport ) di Kabupaten Deli Serdang,Sumatera Utara.serta didukung dengan program Holding PTPN menjadi satu manajemen yang artinya seluruh areal eks HGU PTPN terutama PTPN 2 bakal dilepas kepada pihak swasta.Bahkan sudah santer terdengar areal eks HGU PTPN 2 sudah dilepas oleh pemerintah kepada pengusaha property nasional Ciputra.

Perlahan tapi pasti wilayah Kabupaten Deli Serdang akan berubah menjadi pusat bisnis dan jasa yang ditandai dengan pesatnya pembangunan di beberapa wilayah kecamatan terutama di wilayah yang berdekatan dengan Bandara antara lain,Kecamatan Percut Sei Tuan,Batang Kuis,Tanjung Morawa,Pantai Labu termasuk Kota Lubuk Pakam.

Beberapa wilayah kecamatan tersebut lambat laun akan berubah wajah menjadi wilayah Metroplitan sama halnya dengan Tangerang.Indikasinya sudah terlihat,saat ini sudah ramai berdiri bangunan dengan berbagai peruntukan seperti untuk bisnis,pelayanan kesehatan tidak ketinggalan rencana pembangunan perhotelan berbintang dan pusat perbelanjaan.

Bahkan kemacetan di beberapa ruas jalan menuju Bandara Kuala Namu juga sudah menjadi pemandangan rutin.Ruas jalan Lintas Sumatra Tanjung Morawa dan ruas jalan Medan – Bandara Kuala Namu via Tembung sering mengalami kemacetan Bukan itu saja dengan melonjaknya harga tanah atau lahan di wilayah kecamatan seputaran Bandara juga menjadi indikasi betapa wilayah dimaksud menjadi incaran para investor.

Tantangan yang harus dijawab adalah bagaimana menyusun Tata Ruang Wilayah atau Master Plan agar pesatnya pembangunan memiliki tata kelola yang baik.Sekaligus untuk mengantisipasi problem wilayah Metropolitan seperti kemacetan,banjir,limbah,persampahan,urbanisasi dan tingginya angka pengangguran.

Dan yang tak kalah penting adalah menyiapkan SDM masyarakat Deli Serdang menjadi masyarakat Metropolitan baik secara mental dan kualitas hingga mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman

Selain partisipasi masyarakat peran kepala daerah juga sangat menentukan dalam menghadapi tantangan Kabupaten Deli Serdang di masa yang akan datang.Political Will untuk mewujudkan visi dan misi membangun Deli Serdang menjadi wilayah Metropolitan yang manusiawi berada di tangan Kepala Daerah.

Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Juni 2018 mendatang.


Bagaimana menurut Anda dengan sosok Bupati Drs H Ashari Tambunan ? Apakah dia mampu mempersiapkan Kabupaten Deli Serdang menuju wilayah Metropolitan yang manusiawi ?.(***)

Posting Komentar

0 Komentar