Husni Mubarak Ketua Asosiasi Sarana Air Bersih (SPAM) Sulsel Terus Berupaya Penuhi Kebutuhan Air Bersih


Makassar,Taruna Official

Husni Mubarak selaku Ketua Asosiasi Sarana Air Bersih (SPAM)  Sulawesi Selatan menegaskan,pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. 

Meski dalam pelaksanaannya banyak menuai pro dan kontra, namun Husni Mubarak mengaku tetap optimis karena apa yang dilakukan ini untuk kepentingan masyarakat banyak terutama di titik yang belum terjangkau oleh PDAM. 

Sistem dan sarana yang digunakan tentu berbeda dari sistem PDAM meski tujuannya sama yaitu memenuhi kebutuhan air bersih bukan hanya untuk masyarakat kota Makassar saja tapi untuk seluruh wilayah Sulawesi Selatan.

“Jadi kami bergerak ke setiap daerah pelosok yang ada di Sulsel, melalui ketua-ketua asosiasi di daerah.Karena di setiap daerah ada asosiasi yang bergerak mencari titik di mana masyarakat kekurangan air bersih”,jelasnya.

Untuk wilayah kota Makassar saat ini masyarakat Ujng Tnah telah menikmati air bersih dari sumur bor yang kami buat di sana",kata Husni Mubarak pada saat ditemui awak media, Selasa (06/08/2024).

Perlu di ketahui bahwa yang membedakan sistem kami dengan PDAM, adalah dari segi sumber airnya, di mana kami menggunakan sumur bor dan fasilitas pengolahan yang memadai, sehingga kami dapat memenuhi kebutuhan air bersih. 

Oleh karenanya saya sangat berharap adanya dukungan APBD  dari pemerintah kota maupun daerah, untuk membantu agar lebih mudah dan lebih maksimal dalam menyiapkan sarana air bersih.

Kendati asosiasi ini belum mendapat dukungan APBD  namun kami akan tetap menjalankan program dan komitmen untuk menyediakan sarana air bersih. Seperti misalnya di Kecamatan Ujung Tanah yang saat ini hasilnya telah dinikmati oleh masyarakat setempat. 

Perlu diketahui bahwa sarana yang disediakan membutuhkan biaya maka pihaknya juga memberlakukan penarikan retribusi kepada masyarakat yang menggunakan air yang dikelola oleh asosiasi.

Dalam pengelolaannya mulai dari penyiapan sumur, mesin, teknisi dan lainnya termasuk listrik membutuhkan biaya yang cukup besar.

Oleh karenanya sekali lagi kami sangat berharap adanya dukungan APBD dari pemerintah setempat sebagai penunjang dalam menyiapkan sarana air bersih untuk masyarakat yang membutuhkan. 

Dalam Asosiasi SPAM PAMSIMAS ada Program INKMD dan INKES yang melibatkan  masyarakat untuk ikut berpastisipasi dan bergotong royong dalam menyediakan sarana.

Keterlibatan masyarakat bukan secara cuma cuma tapi  akan kami hitung dalam bentuk rupiah yang kemudian diakumulasikan,tutup Husni Mubarak.(***)

Kontributor : Bara

Posting Komentar

0 Komentar