Bobby Nasution : Tidak Ada Ganti Rugi Karena Amblasnya Jalan Sempali

 
Medan,Taruna Official

Walikota Medan Bobby Nasution mengatakan, Jalan Sampali Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area memang sengaja dirobohkan untuk keperluan proyek pelebaran parit.

Bobby Nasution juga membantah adanya isu ganti rugi terhadap rumah warga yang terkena dampak dari proyek pelebaran parit tersebut.

Menurut Bobby Nasution, jalan yang amblas itu masih jalan milik Pemko Medan.Sehingga, pihaknya berhak untuk merombak jalan tersebut.

"Saya tegaskan ya itu bukan amblas. Bukan longsor juga. Itu memang tanahnya mau dikerok. Memang sengaja mau di longsorkan," ucapnya.

Dijelaskan Bobby, jalan Sampali memang sengaja di longsorkan, agar jalannya dikecilkan.

"Jadi gini tadinya paritnya ukurannya kecil. Tapi karena mau pelebaran parit. Akhirnya jalan Sampali harus dikecilkan," katanya.

Area yang disebut warga amblas itu, kata Bobby memang karena tanahnya mau dikecilkan.Sebab, pelebaran parit ini dilakukan  dengan ukuran lebar 6 meter.

"Jadi kalau pelebaran parit itu lebih dari 6 meter namanya masih longsor. Tapi selama masih 2 meter yang longsor itu memang mau dikecilkan," ucapnya.

Bobby berkali-kali menegaskan pihaknya tidak akan mengganti rugi rumah warga yang terdampak proyek tersebut.

"Ganti rugi apa ya. Saya rasa itu jalannya milik Pemko Medan. Namanya jalan itu milik Pemko. Kalaupun longsor itu memang tanahnya mau dikerok selebar dua meter itu tanah pemko memang. Kalau ganti rugi kami yang rugi," terangnya.

Dikatakan Bobby, jika memang ada efek getaran membuat  rumahnya retak dan lain-lain akibat proyek tersebut, pihaknya sudah sepakat untuk memperbaiki.

"Kalau efek pembangunan ya. Misal rumahnya retak dan lain-lain, itu kita sudah sepakat dengan warga setempat untuk kami perbaiki," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Camat Medan Area Sutan Fauzi memastikan, rumah warga yang terdampak jalan amblas itu akan diganti rugi oleh pihak Pemko Medan.

Menurut Sutan, untuk jumlah besaran ganti rugi, pihak Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK)  yang mengetahuinya.

"Jalan amblas di Sampali sudah ada perbaikan dari Dinas SDABMBK.Jalan amblas ini bukan hanya dari pengerjaan proyek pelebaran parit. Tetapi karena faktor alam juga. Karena musim hujan, sehingga kontur tanahnya menjadi lembab dan membuat jalan jadi mudah amblas," ucapnya kepada wartawan di Medan, Senin (24/6/2024).

Diketahui Jalan amblas di jalan Sampali, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area viral di sosial media, Kamis (20/6/2024). (Tim)

Editor : Juliandar

Posting Komentar

0 Komentar