MAKAM GURU PATIMPUS TERISOLASI TEMBOK KOMPLEK PERUMAHAN





Deli Serdang,Taruna Official

Dalam sejarah Kota Medan tercatat nama seorang tokoh etnis Karo bernama Guru Patimpus Sembiring sebagai pendiri Kota Medan 430 tahun yang lalu. 

Kampung Medan yang dibuka oleh Guru Patimpus di wilayah pertemuan antara Sungai Deli dan Sungai Babura kemudian berkembang menjadi kota metropolitan terbesar ke 3 di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. 

Tapi sayangnya,makam tokoh legendaris tersebut yang terletak di Jl Guru Patimpus Gg Keramat Desa Lama,Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang terkesan kurang mendapat perhatian dari pihak terkait. 

Lokasi makam kini terisolasasi oleh tembok komplek perumahan dan perladangan penduduk sehingga akses jalan untuk masuk tidak ada sama sekali. 

Taruna Official yang meninjau lokasi makam, Minggu (16/8/2020),terpaksa harus melewati celah tanaman pertanian warga agar sampai ke makam Guru Patimpus. 

Video perjalanan menuju lokasi makam pendiri Kota Medan Guru Patimpus di Desa Lama,Kecamatan Hamparan Perak,Deli Serdang.



Secara fisik kondisi makam terlihat bagus karena telah dipugar dalam momen Gerakan Bulan Bakti Karang Taruna Sumatera Utara pada tahun 2017 yang dipimpin Ketua Karang Taruna Sumut H Solahuddin SE Msi. 

Ngadimin (70),warga Gg Keramat menuturkan, sejak bangunan makam dipugar banyak warga yang mengunjungi makam khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Namun terkendala masalah jalan masuk.Karena itu Ngadimin berharap agar pemerintah memberikan perhatian untuk mengganti rugi tanah penduduk.
Paling tidak sepanjang 200 meter dari Gg Keramat dengan lebar 2 meter untuk sarana jalan menuju lokasi makam. 

Dengan demikian makam Guru Patimpus setiap saat bisa dikunjungi masyarakat. Selain itu,makam Guru Patimpus bisa dijadikan objek wisata sejarah.(joel)









Posting Komentar

0 Komentar